Selasa, 17 Maret 2020

Rabu 18 maret 2020

HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 3 (18 MARET 2020)



MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Rabu, 18 Maret 2020
Kelas : I
Tema : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku (7)
Subtema : Tanaman di Sekitarku (3)

Aturan Merawat Tanaman (PPKn)

Lani, Beni, Siti, dan Edo sedang merawat tanaman. Lani sedang memberikan pupuk untuk tanaman. Beni sedang membersihkan tanaman dari rumput liar. Siti meletakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari. Edo sedang menyiram tanaman. Semua kegiatan tersebut termasuk cara merawat tanaman. Kegiatan merawat tanaman dilakukan agar tanaman tumbuh subur.

Tanaman merupakan makhluk hidup. Tanaman juga tumbuh dan berkembang. Tanaman akan tumbuh dengan subur jika diberi pupuk. Jika kita mencabut rumput liar di sekitar tanaman, maka tanaman akan mendapat nutrisi yang cukup dari tanah. Tanaman memerlukan sinar matahari untuk fotosintesis, maka dari itu kita harus meletakkan tanaman menghadap sinar matahari. Dan tanaman akan kering bila tidak disiram, atau disiram dengan tidak teratur.

Tanaman di Sekitar Kita (Bahasa Indonesia)

Dapatkah kamu mencocokkan buah dan tanaman yang sesuai? Ayo mencoba!

Ada berbagai jenis tanaman di sekitar kita. Ada tanaman yang menghasilkan bunga, dan ada juga tanaman yang menghasilkan buah. Tanaman yang yang menghasilkan bungan atau berdaun indah disebut tanaman hias, seperti bunga anggrek, sri gading, begonia, dan lain sebagainya. Tanaman yang menghasilkan buah disebuah tanaman buah, seperti pohon mangg, phon pisang, semangka, dan lain sebagainya. Adapula tanaman yang dapat kita makan sehari-hari, tanaman ini disebut tanaman sayur, seperti bayam, kangkung, brokoli, kol, dan sebagainya.

Tanaman juga membutuhkan tempat hidup, ada tanaman yang hidup di air, dan ada tanaman yang hidup darat. Tanaman apakah ini?

Benar sekali, gambar di atas adalah pohon kelapa dan bunga teratai. Pohon kelapa hidup dan tumbuh di darat. Pohon kelapa banyak hidup di tepi pantai, batangnya tinggi, daunnya terdapat pada ujung-ujung batangnya dan melambai-lambai jika tertiup angin, buahnya banyak, dan airnya segar. Pohon kelapa banyak sekali manfaatnya, batangnya dapat dijadikan jembatan, daunnya untuk kulit kue, airnya untuk diminum. Tahukah kamu manfaat lain dari pohon kelapa?
Selain pohon kelapa, tanaman yang tumbuh di darat ada pohon pepaya, pohon apel, pohon cabai, pohon kacang, brokoli, dan lain-lain. Adapun bunga teratai hidup dan tumbuh di air, selain bunga teratai, tanaman yang hidup dan tumbuh di air ada eceng gondok dan juga beberapa jenis lumut.


Ayo ikuti gerakan sesuai cerita!
Siti pergi ke rumah nenek saat liburan. Rumah nenek Siti di daerah pantai. Di tepi pantai yang indah berdiri kukuh pohon kelapa. Daunnya bergoyang saat tertiup angin sepoi-sepoi. Di depan rumah nenek Siti tumbuh pohon bambu. Rumah nenek Siti menjadi lebih rindang dan sejuk.
Namun, saat pohon bambu terkena angin badai sangat menakutkan. Angin yang sangat kencang membuat pohon bambu roboh.

Penjumlahan Bersusun Panjang (Matematika)

Perhatikan puluhan dan satuannya!

Ayo berlatih!

1. Apa yang terjadi bila kita tidak menyiram tanaman secara teratur? ….
2. Pohon nangka, pohon mangga, phon duku termasuk jenis tanaman ….
3. Tanaman Edo kurang nutrisi, di sekitar tanaman Edo ada banyak sekali rumput liar, yang harus Edo lakukan adalah ….

4. 

5. 36 + 43 = ….

Kerjakan latihanmu di buku tulis, lalu foto dan kumpulkan hasil latihanmu pada gurumu melalui aplikasi Whatsapp! Selamat mengerjakan 😄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar