Kamis, 19 Maret 2020

Jumat 20 maret 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 3 (20 MARET 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Jum’at, 20 Maret 2020
Kelas : I
Tema : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku (7)
Subtema : Tanaman di Sekitarku (3)

Aturan Merawat Tanaman (PPKn)

Ibu dan Dayu senang berkebun. Mereka menanam sayuran dalam pot. Pot yang digunakan terbuat dari kaleng bekas. Ibu dan Dayu menyusun pot dengan rapi. Ada pot yang disusun berjajar di atas rak. Ada juga pot yang digantung. Setiap hari Ibu dan Dayu merawat kebun sayuran. Sayuran tumbuh subur dan hijau. Keindahannya membuat suasana rumah tambah indah. Hasil tanaman sayuran sangat bermanfaat. Ibu dan Dayu memasak hasil sayuran dari hasil berkebun.
Sukakah kalian berkebun? Apakah tanaman di sekitamu sudah ditata dengan rapi? Bagaimana cara mengatur tanaman sayuran agar membuat rumah menjadi lebih indah? Apa yang terjadi jika kita tidak merawat tanaman dengan benar? Ya benar, tanaman akan layu, kering, kemudian akan mati.

Manusia membutuhkan tanaman, tanaman harus dirawat, jika tidak tanaman akan mati. Pernahkah kamu melihat petani? petani selalu rajin merawat tanaman, mereka adalah pekerja keras, mereka berjasa bagi banyak orang. Petani menyayangi tanaman padinya. Padi di beri pupuk agar tumbuh subur, hama burung dan tikus pengganggu pun diusir. Petani memanen padi saat sudah menguning. Kemudian padi diolah menjadi beras, lalu beras dimasak menjadi nasi.
Jika petani tidak menyayangi tanaman padinya, kita tidak akan dapat menikmati nasi yang terhidang di atas meja.

Kalimat Pujian (Bahasa Indonesia)

Kalimat Pujian digunakan utnuk memuji seseorang, kita sudah melihat Dayu dan ibunya menata tanaman sayuran di rumahnya dengan rapi. Bagaimana kalimat pujian yang akan diberikan pada Dayu dan ibunya?
Gunakan kalimat yang baik dan sopan saat memuji seseorang!


Penjumlahan Kelompok Bilangan dengan Benda Konkret (Matematika)

Banyak orang menggunakan bunga sebagai hiasan. Namun, tidak semua orang dapat menanam bunga. Bunga dapat dibeli di pasar yang menjual bunga. Siti memiliki 43 tangkai bunga mawar.
Dayu memiliki bunga mawar 2 tangkai lebih banyak dari Siti. Berapa tangkai bunga mawar milik Dayu?


Berapa tangkai bunga mawar milik Dayu?
Karena Dayu memiliki bunga mawar 2 tangkai lebih banyak dari Siti, maka bunga mawar Dayu adalah jumlah bunga mawar Siti ditambah 2, yaitu:

Jadi, bunga mawar milik Dayu ada 45.


Ayo Berlatih!

1. Apa yang terjadi jika tanaman tidak dirawat dengan baik? ….

2. Tanaman membutuhkan tanah yang subur. Bagaimana cara membuat tanah menjadi subur? ….


3. Berikan sebuah kalimat pujian untuk orang pada gambar di atas! ….

4. Edo memuji Bian karena dapat membuat lukisan pemandangan yang indah. Apa yang harus diucapkan Bian kepada Edo? ….

5. Di dalam toples berwana merah berisi 35 buah permen. Toples berwana biru berisi 20 buah lebih banyak permen dari toples berwarna merah. Berapa banyak permen yang ada di dalam toples berwarna biru? ….

Kerjakan latihanmu di buku tulis, lalu foto dan kumpulkan hasil latihanmu pada gurumu melalui aplikasi Whatsapp! Selamat mengerjakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar