MATERI AJAR PENGAYAAN TEMA 4 ( Tuesday, 16th November 2021

      PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuh protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih ada yang dilaksanakan secara daring dn secara langsung walaupun hanya 50%, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah yang daring.

Siswa yang PTM 50 % masih sesuai dengan prokes yaa😍😍😍



Materi ajar

SOAL PENGAYAAN TEMA 4


Bismillah... 

Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 

Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih...  pembelajaran kita. 

Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Jika kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah ya.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.


Tujuan pembelajaran

1.   Siswa mampu mengidentifikasi materi dari tema 4 dan mampu mengerjakan soal pengayaan.


Literasi


Dibawah ini rangkuman materi tema 4 dan ( soal pengayaan yang dikerjakan jawaban nya saja tetapi diberi keterangan )


RANGKUMAN MATERI TEMA 4

A. Bahasa Indonesia


Kalimat Larangan: Kalimat yang digunakan untuk menyampaikan agar seseorang tidak

melakukan sesuatu. Contoh: jangan ; dilarang


Dongeng: Rangkaian cerita tidak nyata yang disampaikan secara sederhana dan

mengandung pesan moral yang baik. Contoh: Kisah Si Kancil ; Semut dan Belalang


Kalimat Ajakan: Jenis kalimat perintah yang bertujuan untuk mengajak seseorang atau

seseorang untuk melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat. Contoh:

ayo ; mari


Tanda baca titik dua (:) : memberitahukan bahwa uraian setelah tanda baca ini memberi

bukti dan menjelaskan.


B. IPS


Kegiatan Ekonomi: kegiatan yang dilakukan orang untuk mendapat penghasilan dan

mencukupi kebutuhan hidup


Jenis Kegiatan Ekonomi:

  1. Kegiatan produksi: menghasilkan produk berupa barang/jasa. Orang yang melakukannya disebut produsen.

  2. Kegiatan distribusi: menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukannya disebut distributor.

  3. Kegiatan konsumsi: memanfaatkan barang/jasa. Orang yang melakukannya disebut konsumen.

Faktor Lingkungan Memengaruhi Kegiatan Ekonomi:

  1. Di dataran rendah: petani, buruh tani, pedagang, peternak

  2. Di sekitar pantai: nelayan, petani tambak, petani garam, pengrajin

  3. Di dataran tinggi: petani sayuran/bunga/buah, peternak, pedagang

  4. Di perkotaan: pekerja jasa, karyawan, wiraswasta, pedagang, buruh pabrik

B.1. Kegiatan Produksi


Jenis Kegiatan Produksi:

  1. Menghasilkan barang: bercocok tanam, pabrik, usaha kerajinan

  2. Menghasilkan jasa: sopir, tukang cukur, dokter, guru

Tujuan Kegiatan Produksi:

  1. Menghasilkan barang/jasa

  2. Menambah nilai guna barang

  3. Memenuhi kebutuhan manusia

  4. Meningkatkan kemakmuran masyarakat

  5. Menambah keuntungan

  6. Memperluas lapangan kerja

Faktor Produksi: sesuatu yang mendorong adanya kebutuhan barang dan jasa


4 Faktor Produksi:

  1. Sumber daya alam: tanah, tambang, air laut

  2. Tenaga kerja

  3. Modal

  4. Kewirausahaan

B.2. Kegiatan Konsumsi


Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi:

  1. Selera

  2. Pendapatan

  3. Model Barang

  4. Harga

Konsumtif: perilaku berkonsumsi yang berlebihan (boros), mendahulukan keinginan

daripada kebutuhan


B.3. Kegiatan Distribusi


Faktor yang Mempengaruhi Distribusi:

  1. Kebutuhan Pasar

  2. Ketersediaan Barang

  3. Perusahaan

  4. Kebiasaan dalam membeli

  5. Akses dan jalur transportasi

Distribusi langsung: dari penjual langsung ke pembeli


Distribusi tidak langsung: melalui agen, grosir, koperasi, internet

Kegiatan distribusi membuat persediaan barang antar wilayah sesuai dengan kebutuhan dan harga menjadi stabil.


C. PPKN


Pancasila: Dasar negara Indonesia yang mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan

negara Indonesia


Lambang Negara: Garuda Pancasila dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang artinya

“berbeda-beda tetapi tetap satu”


Fakta Lambang Negara Indonesia:

  1. Dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak

  2. Diresmikan pada Sidang Kabinet RIS (Republik Indonesia Serikat) pada 11 Februari 1950

  3. Penggunaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 43/1958

Arti dan Filosofi Garuda Pancasila:



Garuda Pancasila. (Sumber: Wikipedia Indonesia)

Garuda: Indonesia sebagai bangsa yang besar dan kuat

2. Warna emas: keagungan dan kejayaan

3. Paruh, sayap, ekor, dan cakar: kekuatan dan tenaga pembangunan

4. Jumlah bulu garuda:

- 17 buah pada sayap, melambangkan tanggal kemerdekaan

- 8 buah pada ekor, melambangkan bulan kemerdekaan

- 19 buah di bawah perisai dan 45 buah di leher, melambangkan tahun kemerdekaan

5. Kepala menengok ke kanan: bergerak ke arah kebaikan

6. Perisai: perjuangan, pertahanan, dan perlindungan

7. Warna dasar: merah artinya berani, putih artinya suci

8. Bagian tengah berwarna hitam: garis khatulistiwa

9. Cakar garuda mencengkeram pita putih: bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”, semboyan negara Indonesia yang diambil dari kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular

10. Bagian dalam perisai:

- Bintang: melambangkan sila ke-1

- Rantai: melambangkan sila ke-2

- Pohon Beringin: melambangkan sila ke-3

- Kepala Banteng: melambangkan sila ke-4

- Padi dan Kapas: melambangkan sila ke-5


Contoh Perilaku yang Sesuai Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan:


1. Di lingkungan rumah:

  • Mendidik anak-anak agar taat agama dan hukum

  • Saling mengingatkan untuk beribadah

  • Saling menghormati

  • Saling menyayangi dan melindungi

  • Orang tua memberi contoh yang baik

  • Adil kepada anak-anaknya

  • Anak berbakti kepada orang tua

  • Mengerjakan tugas bersama-sama


2. Di lingkungan sekolah: menaati tata tertib sekolah


3. Di lingkungan masyarakat: menjaga keamanan, kebersihan, dan ketertiban lingkungan


D. SBdP


Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Bentuk:

  1. Dua Dimensi: hanya bisa dilihat, merupakan bidang datar. Contoh: seni lukis, batik, sketsa, ilustrasi

  2. Tiga Dimensi: bisa dilihat dan diraba karena memiliki panjang, lebar, tinggi, dan volume. Contoh: seni kriya, bangunan, dekorasi

Beberapa Macam Bentuk Benda Tiga Dimensi:

  1. Kubistis: seperti kubus/balok. Contoh: televisi, lemari, meja, kulkas.

    1. Silindris: seperti tabung/silinder. Contoh: botol, pipa, gelas, ember, toples.

    2. Bebas/Tak Beraturan: binatang, tas, sepatu, pakaian, buah-buahan.

    Tekstur: Unsur seni rupa yang memberikan watak/karakter pada permukaan bidang yang

    dapat dilihat dan diraba.


    Fungsi Tekstur: Memberi watak tertentu yang menimbulkan nilai estetik.


    Jenis Tekstur:

    1. Alamiah: tercipta oleh alam. Contoh: tekstur pada urat, batu, kayu

    2. Buatan/tiruan: dibuat oleh manusia untuk meniru tekstur alamiah

    Gambar Dekorasi Motif Hias Nusantara: contoh karya seni rupa yang meliputi unsur seni

    proporsi dan komposisi


    E. IPA


    Sumber Daya Alam Hewani: sumber daya alam yang berasal dari hewan.


    Kegunaan Sumber Daya Alam Hewani:

    1. Sumber pangan: ikan, hewan ternak

    2. Sarana sosialisasi dan budaya: karapan sapi

    3. Dimanfaatkan tenaganya: kerbau, kuda

    4. Diambil susu dan daging: sapi, kambing

    5. Bahan kerajinan tangan

    Sumber daya alam hayati dapat diperbarui tetapi jumlahnya terbatas.


    E.1. Upaya Pelestarian Lingkungan


    Penurunan Kualitas Lingkungan:

    1. Lahan yang tergenang banjir, pasir dari gunung berapi

    2. Penggunaan lahan terlalu sering, produksi pertanian menurun

    3. Penebangan pohon secara liar

    Upaya-upaya Pelestarian Lingkungan:

    1. Tebang pilih: pohon yang ditebang berdiameter ≥ 50 cm

    2. Penanaman bibit baru

    3. Mengatur waktu penangkapan ikan

    4. Keanekaragaman bahan pangan. Contoh: pengganti nasi menggunakan jagung, ketela, kentang, dsb.

    Jenis Pelestarian Sumber Daya Alam:

    1. Pelestarian in situ: dilakukan di habitat asli. Contoh: bunga bangkai di Bengkulu, badak bercula satu di Ujung Kulon.

    2. Pelestarian ex situ: dilakukan di luar habitat asli. Contoh: kebun binatang, kebun anggrek.

    Cara lain melestarikan sumber daya alam adalah dengan teknologi daur ulang (mengolah kembali barang bekas enjadi barang yang berguna.


    E.2. Hutan dan Manfaatnya


    Fungsi Hutan:


    1. Mencegah erosi dan banjir

    2. Menghasilkan oksigen terbesar

    3. Sebagai habitat flora dan fauna

    4. Mempertahankan kesuburan tanah

    5. Mencegah pemanasan global

    6. Penyerap serta penyedia air

    Hutan gundul bisa menyebabkan bencana alam, karena itu harus dilakukan penanaman kembali hutan yang gundul (reboisasi).


    Manfaat Reboisasi:

    1. Melestarikan sumber daya alam

    2. Mengurangi pencemaran lingkungan

    3. Melestarikan hutan dan mencegah banjir serta longsor

    4. Meningkatkan jumlah sumber daya alam

    Hasil Hutan di Indonesia:

    1. Beragam flora: buah-buahan, tumbuhan obat-obatan

    2. Beragam fauna

    3. Jenis-jenis kayu: kayu meranti, kayu jati, kayu cendana, kayu akasia

    Kayu banyak dimanfaatkan untuk membuat furnitur rumah tangga, antara lain: meja, kursi, lemari.


EXERCISE PENGAYAAN
TEMA 4

1. Ayah Doni seorang pengukir, ia setiap hari bekerja untuk membuat jendela dan pintu yang mempunyai ukiran yang indah. Dilihat dari hasil pekerjaan ayah Doni, ia termasuk menghasilkan ….
a. Barang
b. Jasa
c. Kayu
d. Untung
2. Pak Rahmad adalah seorang sopir. Pagi ini ia mengangkut meja dan kursi yang dibuat para pengrajin kayu ke pasar untuk dijual. Dilihat dari pekerjaannya, maka pekerjaan Pak Rahmad termasuk menghasilkan ….
a. Barang
b. Jasa
c. Pertolongan
d. Bantuan
3. Pekerjaan yang bisa menghasilkan jasa adalah satpam, jasa yang dihasilkan berupa ….
a. Mengajarkan ilmu
b. Menghukum penjahat
c. Menjaga kedaulatan negara
d. Menjaga keamanan rumah
4. Kayu merupakan sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang pekerjaan, pekerjaan di bawah ini yang tidak menggunakan kayu sebagai bahan bakunya adalah ….
a. Pengrajin kayu
b. Tukang kayu
c. Penjaga hutan
d. Pembuat kertas
5. Hutan merupakan kawasan yang sangat bermanfaat bagi manusia, antara lain adalah sebagai ….
a. Penghasil emas dan perak
b. Pencegah terjadinya hujan lebat
c. Tempat bersembunyi para penjahat
d. Penghasil kayu untuk bahan bangunan
1. Kelestarian hutan dapat terus dijaga jika dimanfaatkan dengan cara sebagai berikut, kecuali ….
a. Melakukan tebang pilih
b. Penanaman kembali selesai penebangan
c. Menetapkan sebagai hutan lindung
d. Membakar hutan untuk mengusi hewan buas
2. Bencana yang bisa terjadi apabila hutan ditebang secara ilegal adalah ….
a. Tsunami
b. Badai besar
c. Banjir
d. Angin topan

3. Barang bekas bisa dimanfaatkan dengan cara ….
a. Dibakar
b. Dikubur
c. Didaur ulang
d. Dimasak
4. Mengolah barang bekas seperti plastik dan botol bekas bisa bermanfaat dalam ….
a. Mengurangi jumlah sampah di alam
b. Mengurangi kemungkinan kekeringan
c. Mengusir wabah penyakit
d. Mencegah terjadinya kelangkaan barang
5. Mengolah barang bekas untuk dijadikan barang yang lebih bernilai membutuhkan sifat ….
a. Keberuntungan
b. Kreatif
c. Egois
d. Disiplin

1. Rasa persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan oleh negara Indonesia, karena negara kita ini memiliki …..
a. Jumlah suku yang sedikit
b. Satu budaya yang seragam
c. Suku dan budaya yang sangat beraneka ragam
d. Keadaaan iklim yang berubah-ubah
2. Makna yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila antara lain adalah ….
a. Saling menghargai adalah kewajiban manusia
b. Setiap orang berhak bekerja dan berusaha
c. Setiap manusia harus bekerja keras dan berdoa
d. Persatuan akan membawa kesejahteraan
3. Contoh penerapan sila ketiga Pancasila ketika di sekolah adalah ….
a. Mau berteman dengan semua siswa
b. Menghomarti bapak dan ibu guru
c.Mengerjakan PR dengan baik
d. Berangkat sekolah tepat waktu
4. Sila ketiga pancasila mempunyai simbol ….
a. Pohon beringin
b. Mata rantai
c. Padi dan kapas
d. Kepala banteng
5. Menjaga persatuan dan kesatuan akan membuat negara kita menjadi ….
a. Kaya
b. Kuat
c. Rapuh
d. Modern
1. Segala kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut dengan ..
a. sumber-sumber alam
b. sumber kekayaan alam
c. sumber kekuatan alam
d. sumber daya ala

2. Kayu yang sebagian besar digunakan sebagai bahan bangunan rumah yang berasal dari ….
A. ladang
b kebun
c. hutan
d. gunung

3. Perhatikan gambar berikut !

Contoh Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA Gambar 1

Sumber daya alam pada gambar di samping diolah menjadi ....
a. meja
b. pakaian
c. rumah
d. makanan

4. Nelayan dilarang menangkap ikan dengan menggunakan racun karena ....
a. udara tempat hidup ikan tersebut menjadi tercemar
b. rasa daging ikan menjadi tidak enak
c. ikan yang dimakan tetap segar
d. bentuk ikan menjadi berubah

5. Beberapa jenis kegiatan :
(1) menanam pohon,
(2) menangkap ikan menggunakan pukat harimau,
(3) menebang hutan dengan sistem tebang-tanam, dan
(4) membuka lahan hutan dengan cara membakar.
Kegiatan yang dapat merusak sumber daya alam yang ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Kerjakan tugasmu dibuku latihan dan  fotokan kemudian kirimkan pada bu gurumu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Komentar