MATERI AJAR PENGAYAAN TEMA 2 ( Friday, 19th November 2021 )

  PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuh protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih ada yang dilaksanakan secara daring dn secara langsung walaupun hanya 50%, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah yang daring.

Siswa yang PTM 50 % masih sesuai dengan prokes yaa😍😍😍



Materi ajar

SOAL PENGAYAAN TEMA 2






Bismillah... 

Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 

Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih...  pembelajaran kita. 

Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Jika kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah ya.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.


Tujuan pembelajaran

1.   Siswa mampu mengidentifikasi materi dari Tema 2 dan mampu mengerjakan soal pengayaan.


Literasi


Dibawah ini rangkuman materi Tema 2 dan ( soal pengayaan yang dikerjakan jawaban nya saja tetapi diberi keterangan )


RANGKUMAN MATERI TEMA 2

Pembelajaran Tema 2


A. Bahasa Indonesia


A.1. Kerangka Tulisan


Kerangka Tulisan: rencana yang memuat rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis,

jelas, terstruktur, dan teratur.


Langkah Pembuatan Kerangka Tulisan:

  1. Merumuskan tema dan menentukan judul

  2. Mengumpulkan bahan

  3. Menyeleksi bahan yang digunakan

  4. Mengembangkan kerangka tulisan dalam poin-poin yang runut

A.2. Tanda Baca Koma


Tujuan Penggunaan Tanda Baca Koma:

  1. Menuliskan rincian

  2. Memisahkan satu kalimat dengan kalimat setara lain

  3. Memisahkan induk kalimat dan anak kalimat

  4. Diletakkan di belakang kata/ungkapan yang merupakan penghubung antar kalimat

  5. Memisahkan beberapa kata (o, ya, wah, aduh)

  6. Memisahkan kalimat petikan langsung dari kalimat lain

  7. Memisahkan nama, alamat, bagian-bagian alamat

  8. Memisahkan tempat, tanggal, nama tempat, wilayah

  9. Memisahkan penulisan nama pengarang

  10. Menuliskan catatan kaki

  11. Membedakan antara nama dan gelar

  12. Diletakkan di depan angka persepuluhan atau antara rupiah

  13. Mengapit keterangan tambahan

  14. Diletakkan di belakang keterangan yang berada di awal kalimat

  15. Tidak digunakan untuk memisahkan petikan langsung yang diakhiri tanda tanya

A.3. Kalimat Langsung


Kalimat Langsung: kalimat hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang. Biasanya

digunakan dalam laporan wawancara, artikel berita, maupun dialog cerita

fiksi


Ciri-ciri Kalimat Langsung:

  1. Menggunakan tanda petik (“”) di awal dan akhir kutipan

  2. Menggunakan huruf kapital pada awal kutipan

  3. Kutipan dan keterangan kutipan dipisahkan dengan tanda koma

  4. Jika ditulis berupa dialog, gunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkan tokoh yang dikutip dan kalimat kutipannya

A.4. Petunjuk Penggunaan


Petunjuk: sesuatu tanda untuk menunjukkan atau memberi tahu

Penggunaan: proses, cara, pemanfaatan benda

Petunjuk Penggunaan: suatu tanda atau arahan cara untuk menggunakan suatu benda


Cara Menyusun Petunjuk Penggunaan:

  1. Perhatikan kalimat yang merupakan langkah mengerjakan sesuatu dengan saksama

  2. Pilihlah langkah paling dasar sebagai langkah pertama

  3. Pilihlah langkah selanjutnya dengan mempertimbangkan kesesuaian urutan dari langkah sebelumnya

  4. Baca kembali petunjuk yang disusun, jangan sampai ada yang terlewatkan

  5. Sambil membaca petunjuk yang disusun, bayangkan jika kita melaksanakan petunjuk sesuai urutan tersebut, apakah sudah tepat atau belum

A.5. Ungkapan


Ungkapan: gabungan kata yang membentuk arti baru, yang tidak berhubungan dengan

makna kata dasar pembentuknya. Digunakan dalam situasi tertentu untuk

mengkiaskan suatu hal


Makna yang Mungkin Muncul:

  • Makna Sebenarnya (denotasi)

  • Makna Kias (konotasi)

Contoh Ungkapan: membanting tulang (bekerja keras), jago merah (api), naik daun

(terkenal)

B. IPS


Luas Wilayah Indonesia: ± 5.176.846 km2

Luas Daratan: ± 1.919.363 km2, Luas Perairan: ± 3.257.483 km2


B. 1. Kenampakan Alam


1. Wilayah daratan:

  • Dataran Tinggi: dataran yang terletak pada ketinggian lebih dari 700 mdpl

  • Dataran Rendah: dataran dengan ketinggian sampai 200 mdpl

  • Pantai: batas antara daratan dan perairan laut

  • Tanjung: daratan yang menjorok ke lautan

  • Gunung: Daratan yang menjulang tinggi seperti kerucut

  • Pegunungan: Gunung-gunung yang berderet

2. Wilayah Perairan:

  • Sungai: aliran air dari hulu (puncak gunung) ke hilir (tepi laut)

  • Danau: cekungan di daratan yang digenangi air tawar dan dikelilingi daratan

  • Selat: laut sempit di antara dua pulau

  • Laut: cekungan yang luas dan dalam dan digenangi air asin

B.2. Macam-macam Pantai

  1. Pantai Landai: permukaannya relatif datar. Contoh: pantai mangrove, pantai delta

  2. Pantai Curam: berupa tebing curam dengan laut yang dalam. Contoh: pantai di selatan Jawa dan barat Sumatra

  3. Pantai Bertebing (Flaise): pantai curam di muka tebing dengan laut yang dangkal

  4. Pantai Karang: di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang. Contoh: pantai di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara

B.3. Hubungan antara Alam dan Manusia


Sumber Daya Alam (SDA): segala sesuatu yang berasal dari alam yang dimanfaatkan untuk

memenuhi kebutuhan hidup manusia


SDA yang Dapat Diperbarui: sumber daya alam yang jika digunakan terus-menerus tidak

akan habis


SDA yang Tidak Dapat Diperbarui: sumber daya alam yang jika digunakan terus-menerus

akan habis. Contoh: barang hasil tambang


Pola Hidup: kebiasaan hidup masyarakat


Sumber daya alam dan kenampakan alam berkolaborasi dalam membentuk pola hidup dan jenis pekerjaan masyarakat. Contohnya:

  1. Pantai: nelayan, pemandu wisata, petani kelapa

  2. Dataran Tinggi: pemetik teh, petani di sawah dan perkebunan, peternak

  3. Dataran Rendah: pekerja kantoran, buruh pabrik, penambak ikan

C. PPKN


Hak: Sesuatu yang pantas didapatkan setelah melaksanakan kewajiban


Kewajiban: Sesuatu yang harus dilakukan, terkait dengan peranan dan tanggung jawab


Tanggung Jawab: Kesadaran untuk menjalankan kewajiban


Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah:



Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah:


Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat:


D. SBdP


Tempo: Cepat atau lambatnya suatu lagu dimainkan atau dinyanyikan. Biasanya ditulis di

sebelah kiri atas teks lagu (partitur).


Macam-macam Tempo:

  1. Grave: lambat, tenang, sedih

  2. Largo: lambat sekali

  3. Lento: lebih cepat daripada “Largo”

  4. Adagio: lebih cepat daripada “Lento”

  5. Presto: cepat sekali

  6. Allegro: cepat

  7. Nesto: cepat tergesa-gesa

  8. Andantino: sedang lambat

  9. Andante dan Moderato: sedang

  10. Gusito: sedang cepat

E. IPA


Energi: kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan


Sumber Energi: segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi


Macam-macam Energi:

  1. Energi panas: energi yang menghasilkan panas

  2. Energi gerak: energi yang menghasilkan gerak

  3. Energi cahaya: energi yang menghasilkan cahaya

  4. Energi bunyi: energi yang menghasilkan bunyi

  5. Energi listrik: energi yang menghasilkan listrik

Perubahan Bentuk-bentuk Energi:

  1. Listrik → Gerak. Contoh: kipas angin, blender, mixer

  2. Listrik → panas. Contoh: setrika, solder, oven, microwave

  3. Listrik → cahaya. Contoh: lampu

  4. Listrik → bunyi. Contoh: radio, speaker

  5. Panas → listrik. Contoh: sel surya

Energi Alternatif: energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari barang tambang.

Umumnya berasal dari alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui


Contoh:

  1. Energi panas matahari: sel surya

  2. Energi panas bumi: pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP)

  3. Energi angin: kincir angin

  4. Energi air: kincir air, pembangkit listrik tenaga air (PLTA) 


SOAL PENGAYAAN TEMA 2


1. Sumber energi matahari dapat kita gunakan untuk ….
a. menjemur pakaian 
b. memasak 
c. memancing 
d. melaut

2. Sebagai manusia kita harus …. air.
a. boros   
b. menjual 
c. menghemat 
d. memasak

3.

Bacaan Sumber Daya Alam
Berdasarkan bacaan di atas, pernyataan yang tidak sesuai yaitu…
a. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah
b. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam
c. Laut Indonesia terkenal karena ikannya
d. Ikan asin terkenal di Indonesia

4. Berdasarkan bacaan pada soal nomor 3, sumber daya alam yang tidak dapat
    diperbaharui contohnya yaitu ….
a. Air   
b. Udara 
c. Minyak 
d. Kayu

5. Manusia memperoleh energi serta bertenaga karena manusia  ….
a. berlatih   
b. tidur 
c. sekolah 
d. makan

6. Manfaat sinar matahari untuk tumbuhan yaitu ….
a. proses fotosintesis 
b. makan   
c. tumbuh
d. Berkembang biak

7. Berikut ini yanmg bukan merupakan hasil laut adalah ….
a. ikan   
b. ular 
c. Ubur-ubur 
d. Kepiting laut

8. 1. Air  4. Gas
    2. Batu  5. Batu Bara
    3. Minyak  6. Udara
    Yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah  ….
a. 1,3,5   
b. 2,3,6 
c. 1,2 
d. 1,6

9. Tanda (.) titik di bawah pada not angka yaitu ….
a. tempo   
b. birama 
c. Nada rendah 
d. Nada tinggi

10. Garis birama dilambangkan dengan  ….
a. /     
b. | 
c. : 
d. _

11. Manfaat menghemat kertas yaitu, kecuali .…
a. ramah lingkungan 
b. cinta alam 
c. Merusak alam
d. Menghemat uang

12. Contoh sikap menghemat energi yaitu ….
a. selalu menyalakan tv   
b. kipas angin selalu menyala 
c. Mematikan lampu 
d. Memakai AC saat dingin

13. 

Persamaan Pada Bacaan Teks Cerita
Alat dan bahan yang sama pada kedua teks petunjuk tersebut adalah ….
a. gunting   
b. paku payung 
c. kertas 
d. Lem

14. Kincir angin plastic terbuat dari bahan ….
a. kertas   
b. kaca 
c. kain
d. plastik

15. Pada saat menyalakan kipas angin, energy listrik berubah menjadi energi  ….
a. gerak   
b. panas 
c. pegas 
d. cahaya

16. Contoh kegiatan yang mengubah energy gerak menjadi energy listrik yaitu ….
a. menyalakan diesel 
b. menyalakan tv 
c. Menggunakan kincir air 
d. Sel surya

17. Bahan baku atau bahan dasar kertas yaitu ….
a. daun   
b. kertas bekas 
c. kayu 
d. getah

18. Kejadian dimana pada saat menyanyi tinggi rendahnya nada tidak sesuai  ….
a. merdu   
b. fals 
c. timbre 
d. vibra

19. Saat ini energi alternatif sangat penting untuk dikembangkan. Hal itu dikarenakan Energi alternatif sumbernya berasal dari alam dan dapat ….
a. digunakan   
b. diperbaharui 
c. dijual 
d. dimanfaatkan

20. Pada saat kalian membuat poster, bahasanya harus ….
a. singkat dan jelas   
b. alami dan bermanfaat 
c. Dapat dibaca 
d. Baku dan besar

21. Teks yang menjelaskan cara menggunakan suatu benda adalah ….
a. naskah drama   
b. teks dialog 
c. Teks petunjuk 
d. Teks percakapan

22. 

Kerja Bakti Lingkungan
Gambar di atas menceritakan tentang ….
a. Kerja bakti lingkungan 
b. tambang pasir 
c. Kegiatan ronda 
d. Membersihkan taman

23. Nelayan tradisional berangkat ke laut memanfaatkan sumber energi ….
a. panas     
. matahari 
c. angin 
d. Batu bara

24. Makanan berikut ini yang berbahan dasar singkong yaitu ….
a. donat   
b. lanting 

c. Roti tawar 
d. tempe

25. Lagu “Aku Anak Indonesia” diciptakan oleh ….
a. Ibu Sud   
b. WR Supratman 
c. Kak Seto
d. AT Mahmud



Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Kerjakan tugasmu dibuku latihan dan  fotokan kemudian kirimkan pada bu gurumu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻


Komentar

Postingan populer dari blog ini