Rabu, 28 Juli 2021

RABU , 28 JULI 2021

PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih

Materi Ajar 


TEMA 1  : INDAHNYA KEBERSAMAAN

Subtema    : 2 ( Dua )
        (Kebersamaan Dalam Keberagamam)
Pembelajaran : 3
Tanggal   : Rabu,  28 Juli 2021


Bismillah... 
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... 

Hari ini, seperti biasa ibu guru pandu belajar kalian melalui blog ibu guru. 
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.

Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa.... 
Baca dan pahami baik-baik. 

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu mengidentifikasi jenis kerja sama dalam permainan
2. Siswa mampu mengidentifikasi bagian bagian telinga dan cara kerjanya.
3. Siswa mampu membuat gagasan pokok dan gagasan pendukung dari sebuah cerita.
4. Siswa mampu mengidentifiksi dalam membandingkan pecahan, pecahan senilai, menyederhanakan pecahan dan mengurutkan pecahan.

Sebelum kita mulai pembelajaran kita simak terlebih dahulu video pembelajaran dibawah ini

https://youtu.be/zNDP6405LXk

Literasi

Bekerja sama bisa dilakukan kapan saja. Saat kita bermain pun bisa bekerja sama. 
Tahukah kamu bahwa kita dapat belajar bekerja sama dalam permainan tradisional ? Ayo kita pelajari bersama.

IPS 

Sudah ada yang yang pernah bermain bakiak?



Dalam kelompok terdiri dari beberapa anggota yang memiliki kemampuan beragam.
Namun hal tersebut tidak menghalangi kita tetap untuk bekerja sama saling menghargai perbedaan dalam bekerja sama akan membantu tim mencapai tujuan.

Saat bermain bakiak kamu tentunya harus mendengarkan suara pluit yabg ditiupkan guru dan aba aba temanmu.
Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan Pendengaran yang baik. Masih ingatkah kalian tentang pentingnya indra pendengar. Ayo kita mengingat kembali.


IPA

Bagian bagian telinga
Dan cara kerjanya.



Nah dari pembelajaran di atas kita harus berhati hati dalam merawat telinga yaa.


BAHASA INDONESIA

Kemarin kita belajar tentang kerja sama yang ada dalam cerita warga bekerja sama membuat tong sampah baru.

Exercise

Buatlah gagasan pokok dan gagasan pendukung dari dari cerita Tong Sampah Gotong Royong dibawah ini!





MATERI AJAR MATEMATIKA

MATERI                     : PECAHAN
PEMBELAJARAN : 3 ( Tiga)
KELAS                   : 4



Kemarin kita mempelajari macam - macam pecahan. Nah di bawa ini kita ulang kembali ya ...

Dibawah ini kita akan mempelajari pecahan senilai dengan garis bilangan dari maka dibaca dan dipahami terlebih dahulu yaa !!!

Menentukan Pecahan Senilai dengan Garis Bilangan

Cara pertama untuk menentukan pecahan senilai adalah dengan menggunakan Garis Bilangan. 
Garis bilangan merupakan alat atau model yang bermanfaat bagi pembelajaran pecahan senilai setelah model konkrit dan model gambar.
Perhatikan garis bilangan berikut.



Maka nilai pecahan pada garis bilangan di atas berada pada garis putus-putus yang sama, maka pecahan tersebut senilai. Misalnya, sebagai berikut.



1.    Membandingkan Pecahan
  • Metode 1: Untuk penyebut yang sama, hanya membandingkan pembilangnya.
Contoh: 

  • Metode 2 Kali silang antara pembilang dan penyebut.
Contoh:



MENGURUTKAN PECAHAN YANG PENYEBUTNYA SAMA

Urutkan pecahan berikut dari besar ke kecil : 3/8  ;  6/8  ;  5/8  ;  7/8  ;  4/8


→ mengurutkan pecahan dimana seluruh pecahan yang akan diurutkan memiliki angka penyebut (angka yang bawah)  sama
Caranya…

a) Pastikan seluruh pecahan memiliki angka penyebut (angka yang bawah) yang sama.
→Pada soal mengurutkan pecahan di atas seluruh pecahan memiliki angka penyebut yang sama, yaitu “8”.

b) Perhatikan perintah soal, mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil atau mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar

c) Pada soal meminta untuk mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil
→Kita tinggal mengurutkan angka pembilang (angka yang di atas) pada masing-masing pecahan, urutannya 7, 6, 5, 4, dan 3.
d) Maka kita dapatkan urutan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah :




MENGURUTKAN PECAHAN YANG PENYEBUTNYA BERBEDA

Cara Mengurutkan Pecahan
Menyamakan penyebut -> Mengurutkan pembilang.
Urutan pembilang = Urutan pecahan.
Contoh:
 

Menentukan Pecahan Senilai dengan Menggunakan Gambar

Perhatikan gambar berikut.



Daerah persegi panjang pada gambar di atas dibagi menjadi beberapa bagian yang sama. 

Bilangan di bawah masing-masing gambar menunjukkan luas daerah yang diarsir.

Karena luas daerah yang diarsir pada masing-masing gambar tersebut sama, maka pecahan
 

bernilai sama, dan disebut pecahan-pecahan senilai.

Menentukan Pecahan Senilai dengan Membagi atau Mengalikan Pembilang dan Penyebut dengan Bilangan yang Sama

Untuk mengetahui hubungan pecahan-pecahan yang senilai, perhatikan uraian berikut.


Berdasarkan contoh di atas dapat dikatakan bahwa pecahan yang senilai dapat  diperoleh, jika pembilang dan penyebut dari suatu pecahan dikalikan dengan bilangan yang sama.

Menyederhanakan dengan Metode Membagi


Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan dalam menyederhanakan bentuk pecahan ialah dengan cara membaginya terus menerus, dengan menggunakan cara ini anda sudah mempunyai alternatif cadangan yang dapat anda lakukan dalam menyelesaikan yang berkaitan dengan pecahan.

Perlu anda ketahui bahwa teknik ini dapat dilakukan saat membagi pecahan dengan angka yang sama (habis membagi)secara terus-menerus sehingga hasil akhirnya nanti ialah bilangan yang tidak dapat dibagi lagi dengan angka lain, kecuali angka satu.


Contoh Pembahasan


Sederhanakanlah pecahan berikut ini 60/75


Penyelesaian:

Proses pembagian pertama (Bilangan 60 dan 75 dibagi dengan 5)
Proses pembagian kedua (Bilangan 12 dan 15 dibagi 3)
Jadi, bentuk sederhana dari 60/75 adalah 4/5


Sampai disini sudah paham dengan materi di atas?

Kalo sudah paham, coba kerjakan soal berikut!
 

1. Bandingkan pecahan di bawah ini ! 

1/5....1/8

2. Pecahan senilai dari  3/7 = 

3. Urutkan pecahan di bawah ini dari yang terkecil dengan penyebut sama.

2/4, 4/4, 3/4, 5/4

4. Urutkan pecahan di bawah ini dari yang terbesar dengan penyebut berbeda.

1/2, 4/8, 1/2

5. Tentukan bentuk paling sederhana dari pecahan..

12/24


Kerjakan tugasmu di buku tugas daring, foto lalu kirimkan pada ibu guru ya!

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.


Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan  fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lin dalam bentuk kolase !

Selamat belajar sholeh sholeha ibu guru semuanyaa.... 💖💖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar