Rabu, 21 Juli 2021

Rabo ,21 juli 2021

 PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih

Materi Ajar 


TEMA 1  : INDAHNYA KEBERSAMAAN

Subtema 1    : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Tanggal   : Rabu, 21 Juli 2021


Bismillah... 
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah hari ini, kita masih merayakan Idul Adha dan melaksanakan pemotongan qurban, hari ini kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... no

Hari ini, seperti biasa ibu guru pandu belajar kalian melalui blog ibu guru. 
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.

Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa.... 
Baca dan pahami baik-baik. 

Sebelum kita memulai pembelajaran sebaiknya simak video pembelajaran berikut ini !


HTTPS://YOUTU.BE/QEMAAMNVPV8

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu menjelaskan sifat sifat bunyi merambat dengan lengkap
2. Siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat sifat  bunyi merambat dengan sistematis
3. Siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks dengan mandiri
4. Siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dan teks tulis dalam bentuk peta pikiran / diagram dengan lengkap.


Literasi

Apakah kalian pernah mendengar suara musik  tradisional dari kalimantan utara bisakah kalian mendengarnya ...

Bagaimana musik tersebut bisa didengar mari kita lakukan percobaan.



IPA

Sifat Bunyi Merambat

Bunyi merupakan gelombang yang perambatan arahnya sejajar dengan arah getarnya. Bunyi dapat terdengar jika memenuhi syarat berikut.


1. Ada sumber bunyi

2. Ada media penghantar

3. Ada pendengar


Bunyi yang berasal dari sumber bunyi sampai kepada pendengar dengan cara merambat. 


Bunyi dapat merambat melalui media perantara: udara, zat cair, dan benda padat. 


Bunyi tidak dapat merambat tanpa adanya media perantara.


Bunyi yang merambat melalui benda padat dan zat cair akan terdengar lebih jelas dibandingkan bunyi yang merambat melalui udara.



Marilah kita melakukan percobaan !

Untuk melakukan percobaan coba kita simak video pembelajaran di atas !

Percobaan ke 1

Mengidentifikasi sifat bunyi merambat pada udara / gas
Kita dengarkan jam pada ruangan yang sepi  maka kita dapat mendengar suara melalui udara

Percobaan ke 2

Mengidentifikasi sifat bunyi merambat pada benda padat
Letakkan jam diujung meja pada ruangan yg sepi lalu kita tempelkan telinga kita pada ujung meja yg lain mka suara jam terdengar lebih kencang

Percobaan ke 3

Mengidentifikasi sifat bunyi merambat melalui b hienda cair 
Boneka yg berbunyi jika diremas, kntong plastik, ember plastik yg diisi air dan benang
Masukkan boneka dlm plastik dan ikat plastik dgn benang dan msukkan boneka pada ember plastik dan kemudian kita remas kemudian kita tempelkan telinga kita pada ember lalu remas boneka trsebut kta pencet maka suara boneka lebih terdengar kencang.

Exercise 

Setelah melakukan percobaan kalian pilih salah salah satu  laporan percobaan tersebut dan buatlah laporannya.

Untuk contoh pembuatan laporan percobaan kalian simak video pembelajaran di atas ! 

Untuk kolom ada dalam buku digital Tematik halaman 41.




  BAHASA INDONESIA

Bacalah teks paragraf di bawah ini !


Setelah kalian membaca paragraf di atas bisa kita simpulkan dalam setiap paragraf ada gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.


Exercise


Pilihlah salah satu paragraf di atas dan temukan gagasan pokoknya dan gagasan pendukung dalam bentuk peta pikiran atau diagram seperti berikut. 


 

Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan  fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lin dalam bentuk kolase !



MATERI AJAR 



MATEMATIKA


MATERI :  PECAHAN

PB          : 1




Pelajaran matematika

Untuk pelajaran dikelas 3, matematika bergabung di pelajaran tematik. 

Nah dikelas 4, pelajaran matematika berdiri sendiri.

Ada bukunya sendiri ya. Tidak jadi 1 dalam buku tematik.

Yuk kita mulai belajar matematika nya.

Mengenal Pecahan

Untuk mengenal pembelajaran pecahan kita simak video berikut !

https://www.youtube.com/watch?v=8c6PCZLFDi4



Ibu membeli satu buah pizza, kemudian pizza tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama untuk dibagikan kepada empat anaknya. Berapa bagian untuk masing-masing anak ?


Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini !


Penjelasannya sebagai berikut :


Sebuah pizza mula-mula utuh, kemudian dipotong atau dibagi menjadi dua bagian yang sama. 

Perhatikan pula dua bagian pizza yang sudah dipotong, satu bagian dari pizza yang dipotong tersebut disebut satu per dua” atau “seperdua” atau “setengah” dan ditulis “½.

 Sedangkan jika kedua bagian potongan dari pizza tersebut dipotong lagi menjadi dua, maka dari sebuah pizza tersebut akan diperoleh empat bagian pizza yang sama. 

Satu bagian pizza dari empat bagian yang sama itu disebut “satu per empat” atau “seperempat” dan ditulis “¼ . Jadi jawaban dari pertanyaan diatas adalah setiap anak mendapat pizza ¼ bagian.   

Dari penjelasan di atas kita menemukan bilangan 
½ dan ¼. Kedua bilangan itulah yang disebut dengan bilangan pecahan

Pada pecahan ½,  angka 1 disebut pembilang dan angka 2 disebut penyebut. 

Sedangkan pada pecahan ¼, angka 1 disebut pembilang dan angka 4 disebut penyebut. 

Jadi bilangan pecahan dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang memiliki pembilang dan juga penyebut. 



Macam-macam bentuk pecahan

1. Pecahan Biasa

Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. 

Pecahan jenis ini pembilangnya lebih kecil daripada penyebutnya. 

Bilangan yang di atas adalah pembilang dan yang di bawah adalah penyebut.

 


2. Pecahan Campuran 

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa karena pembilangnya lebih besar dari penyebutnya.


3. Pecahan Desimal

Pecahan desimal merupakan pecahan yang dalam penulisannya menggunakan tanda koma.

4. Pecahan Persen

Pecahan persen merupakan pecahan yang menggunakan lambang % yang berarti perseratus. 5% = lima perseratus, 30% = tiga puluh perseratus, 75% = tujuh puluh lima perseratus.



Nah sampe disini udah paham?

Kita lanjut besok untuk soal latihan dan pendalaman materinya ya...

Sampai jumpa besok.



Selamat mengerjakan!

Jangan lupa minta damping orangtua ya!
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.


Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan  fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lin dalam bentuk kolase !

Selamat belajar sholeh sholeha ibu guru semuanyaa.... 💖💖💖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar