Senin, 06 April 2020

Senin 6 april 2020

senin/6 april 2020

MATERI AJAR


Hari / Tanggal  : Senin,  6 April 2020
Kelas               : 1 (Satu)
Tema               :  Peristiwa Alam 
Subtema          :  Peristiwa Siang dan Malam


Menentukan kosakata tentang siang dan malam (Bahasa Indonesia)








Hari ini matahari bersinar cerah. Ayah mengajak Dayu tamasya ke pantai. Dayu senang sekali. Angin bertiup sepoi-sepoi. Di pantai banyak pohon kelapa. Burung-burung terbang di sekitar pantai. Dayu mengajak ayah bermain di pinggir pantai. Bermain dan membuat rumah-rumahan dari pasir. Dayu ingin belajar berenang. Berenang di pantai sangat menyenangkan. Saat ombak datang, Dayu berpegangan pada ayah. Mereka tertawa gembira.

Dayu puas bermain pasir. Dayu memberanikan diri bermain air di pantai. Kaki Dayu terendam air hingga lutut. Dayu merentangkan kedua tangannya ke atas. Itu menandakan Dayu berani berdiri dalam air. Sesekali Dayu menyiramkan air ke tubuhnya. Air membuat tubuh Dayu segar.

Dayu berjalan di sepanjang pantai. Sinar mentari terasa hangat. Deru air laut terdengar merdu. Dayu memandang ombak dan buih. Riak ombak membasahi ujung kaki Dayu. Sepoi angin meniup rambut Dayu. Burung-burung terbang mengitari pantai. Sungguh indah pemandangan di pantai.

Mengenal simbol-simbol sila pancasila (PKN)

Saat bermain bersama teman di pantai, Dayu selalu bersikap baik kepada semua orang yang ditemuinya. Dalam bersikap sehari-hari pun kita harus benar. Bersikap adil kepada teman-teman. Selalu berbuat baik kepada sesama. Sikap ini sesuai dengan sila kelima Pancasila. Kapas melambangkan kelembutan dan kebaikan. Warna putihnya melambangkan kebenaran.

Evaluasi hasil belajar 

Tulislah kata yang tepat untuk peristiwa siang hari. 
1. 





........................

2. 




.................

3. Apakah bunyi sila kelima Pancasila ...........
4. Gambarkan lambang sila kelima Pancasila ...........
5. Sikap apa yang harus kita lakukan agar sesuai dengan sila kelima Pancasila ........

Naah sekarang tugasmu adalah mengerjakan evaluasi hasil belajar di buku latihan tematikmu, foto hasil pekerjaanmu dan kirimkan ke ibu guru melalui aplikasi WA. 
Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan, selamat mengerjakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar