Minggu, 12 April 2020

Senin 13april 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 2 (13 APRIL 2020)

MATERI AJAR

Hari / Tanggal : Senin, 13 April 2020
Kelas/ Semester : 1/2
Tema : Peristiwa Alam (8)
Subtema : Kemarau (2)

Kosakata tentang Siang dan Malam saat Musim Kemarau (Bahasa Indonesia)


Musim adalah keadaan udara pada waktu cukup lama. Indonesia mempunyai dua musim.
Musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau, hampir setiap hari langit cerah.
Pada siang hari, matahari bersinar amat terang. Langit tampak biru dihiasi awan putih.
Saat matahari terbenam, sinarnya berwarna jingga. Benda-benda terlihat berwarna keemasan. Pada malam hari, bulan bercahaya indah sekali. Bintang-bintang berkerlip amat cantik.

Tetapi, kemarau panjang dapat menyebabkan kekeringan. Hujan jarang sekali turun saat kemarau. Sungai dan mata air mengering. Tanah menjadi kering dan tandus. Di beberapa tempat mengalami kesulitan air bersih. Sawah petani pun menjadi kering dan tidak dapat ditanami. Tumbuhan dan hewan banyak mati karena kehausan. Sumur warga kering. Banyak orag harus mengantre untuk mendapatkan air bersih. Air sangat penting untuk kehidupan. Kita harus menghemat air agar tidak kekeringan.

Pada siang hari di musim kemarau matahari bersinar terik, udara terasa sangat panas. Seseorang akan mudah merasa haus. Badan pun menjadi cepat lelah. Edo dan teman-teman merasa sangat kepanasan. Tubuh mereka berkeringat. Di dekat rumah mereka ada sungai yang masih bersih, saat musim kemarau sungai menjadi dangkal. Akhirnya mereka duduk-duduk di pinggir sunga sambil bermain air. Mereka pun merasa segar.

Tips saat kemarau tiba
1. Badan akan banyak berkeringat. Makan gunakan pakaian yang tipis berbahan katun aga mudah menyerap keringat.
2. Saat cuaca cerah seperti pagi hari, bermain permainan tradisional di luar rumah bersama teman-teman
3. Udara terasa panas, orang akan mudah haus, tetapi minum es secukupnya saja, jika berlebihan makan akan kenasakit batuk dan pilek.
4. Saat kemarau tiba, banyak nyamuk berterbangan. Berhati-hatilah dengan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.
5. Hujan jarang sekali turun, banyak debu berterbangan dimana-mana. Debu dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan gangguan mata. Bersihkan rumahmu dari debu setiap hari.

Apa kegiatanmu saat musim kemarau tiba?


Kalimat Pujian (Bahasa Indonesia)

Pagi hari saat  musim kemarau matahari bersinar dengan cerah. Siti, Dayu, dan Lani bermain di taman. Letak taman dekat dai rumah. Di taman banyak teman menunggu ada Edo, Beni, dan Udin. Mereka bemain bersama. Mereka menikmati cuasa di musim kemarau.
Lani sangat pandai bermain tapak gunung, ia bisa meloncat dengan satu kaki. Beni sangat pandai bermain egrang, ia tidak pernah jatuh, ia memiliki keseimbangan badan yang bagus. Setiap orang memiliki kepandaian. Ada yang pandai bermain, tapak gunung, egrang, bahkan menari.

Perhatikan percakapan Siti dan Lani di bawah ini!

Siti mengungkapkan sebuah kalimat pujian kepada Lani. Kita dapat menghargai teman kita dengan kalimat pujian. Pujian adalah ungkapan perasaan kagum terhadap seseorang. Pujian harus diucapkan dengan tulus dan jujur. Kalimat pujian diucapkan dengan intonasi atau nada tinggi. Jika kita mendapat pujian dari orang lain, maka ucapkanlah terimakasih. Kalimat ungkapan terimakasih diucapkan dengan intonasi atau nada rendah.
Dapatkah kamu memuji temanmu seperti yang Siti lakukan kepada Lani? Cari tahu kepandaian teman sebangkumu dan berikan pujian padanya!
Aturan saat Musim Kemarau (PPKn)

Saat kemarau hujan tidak turun, persediaan air bersih menipis. Kita harus berhemat saat menggunakan air bersih. Perhatikan gambar perilaku hemat air di bawah ini!


Apa yang kamu lakukan jika di lingkungan rumahmu kesulitan air bersih? Sebutkan 1 cara untuk mendapatkan air bersih saat kemarau!

Berian tanda (√) pada kegiatan yang tepat!
1. Menutup jendela agar debu tidak masuk ke dalam rumah (............)
2. Banyak minum es karena merasa haus  (............)
3. Bermain-main dengan air  (............)
4. Tidak berlama-lama berada di luar rumah  (............)
5. Minum air secukupnya  (............)
6. Makan makanan bervitamin seperti buah-buahan dan sayuran (............)
7. Selalu membawa jas hujan ke sekolah  (............)


Gerak Tari (SBdP)

Sore hari cuaca cerah. Siti dan Dayu bersama-sama menuju balai desa untuk latihan menari bersama. Saat musim kemarau banyak orang menantikan turunnya hujan. Maka mereka berlatih menari mengikuti lagu HUJAN ciptaan “Bu Sud”. Tahukah kamu lagu HUJAN? Simak video di bawah ini!

⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️

Ayo menari bersama mengikuti irama musik dari lagu HUJAN dengan hitungan yang sesuai!

Ayo Berlatih!


Edo berani bermain peran di depan teman-teman sekelasnya. Buatlah kalimat pujianmu untuk Edo dan tanggapan Edo kepada Udin!
Udin : ……………………………………………………………………
Edo : ………………………………………………………………………

Kerjakan latihanmu di buku tulis, lalu foto dan kumpulkan hasil latihanmu pada gurumu melalui aplikasi Whatsapp! Selamat mengerjakan 😁

Soal Ulangan Harian Tema 7 Subtema 1 bisa dikerjakan dengan klik link Tema 7 Subtema 1 ini
Kerjakan soal ulangan dengan hati-hati dengan didampingi orang tuamu, dan laporkan hasilnya kepada gurumu melalui aplikasi WhatsApp, Good Luck kiddos!❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar