Selasa, 18 Februari 2020

Kamis 20 februari 2020

MATERI AJAR KELAS 1 TEMA 6 SUBTEMA 3 (20 FEBRUARI 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Kamis, 20 Februari 2020
Kelas : I 
Tema : Lingkungan Bersih dan Sehat (6)
Subtema : Lingkungan Sekolahku (3)

Kalimat Perintah (Bahasa Indonesia)

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan berkampanye kepada warga sekolah. Mereka akan melakukan gerakan sekolah bersih dan sehat. Mereka akan membuat poster. Melalui poster mereka akan menyampaikan pesan. Poster tersebut akan dibawa keliling sekolah. Harapan mereka, warga sekolah mau melaksanakan pesan yang ada pada poster. Berikut ini salah satu contoh posternya.

Perhatikan poster di atas, pesan pada poster disampaikan menggunakan kalimat perintah. Dapatkah kamu membuat poster lainnya yang berisi pesan berbeda? Gunakan kalimat perintah yang baik dan santun!

Mengukur Berat Benda (Matematika)

Murid-murid melakukan kerja bakti membersihkan sekolah. Murid-murid mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang. Menurut Bu Guru sampah itu dapat disetorkan ke Bank Sampah. Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu berat sampah. Mereka segera mengukur beratnya dengan timbangan sederhana. Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan bola
tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.

Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa adalah sampah jenis ….

Nilai Persatuan Sila ke-3 Pancasila (PPKn)

Kerja bakti sudah selesai. Guru mengajak murid-murid mencari kartu bergambar. Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut. Kelompok yang paling cepat menjadi pemenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar