Selasa, 12 November 2019

Selasa/12 nopember 2019

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Selasa, 12 November 2019
Kelas : I
Tema : Keluargaku
Subtema : Keluarga Besarku (3)

Keberagaman Karakteristik Individu di Rumah


Udin sering mengunjungi kakek dan nenek. Udin senang berkumpul bersama keluarga besar. Kakek dan nenek sudah tua tetapi masih sehat. Udin biasa berkumpul di rumah kake dan nenek saat hari raya. Ada keluarga lainnya juga. Ada paman, bibi, dan juga sepupu. Semua keluarga besar sangat rukun. Udin sangat menyayangi keluarga besarnya. Udin bersyukur kepada Tuhan karena memiliki keluarga besar yang saling menyayangi.


Saat berkumpul bersama keluarga besar, kakek bercerita tentang anak dan cucunya.  Udin mencatat identitas (nama, umur, pekerjaan, asal daerah)  anggota keluarga besarnya dengan bertanya.
Bagamana dengan keluargamu? Apakah kamu sering berkumpul dengan keluarga besarmu? Apa saja yang kamu lakukan bersama dengan keluarga besarmu? Ceritakan di depan kelas!


Pengukuran Panjang dengan Satuan Tidak Baku


Jika ingin mengetahui panjang benda kita harus mengukur. Mengukur panjang benda dapat menggunakan anggota tubuh, yaitu jengkal, langkah, depa, hasta, kaki.

Perhatikan gambar di tas! udin sedang mengukur tali karet menggunakan jengkal. Carilah 5 benda di sekitarmu dan ukur menggunakan anggota tubuhmu!

Benda yang paling pendek dan paling panjang adalah ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar