PESAN UNTUK ORANG TUA
Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih
Materi Ajar
TEMA 1 : INDAHNYA KEBERSAMAAN
Subtema : 3 ( Tiga )
( Bersyukur Atas Keberagaman )
Pembelajaran : 3
Tanggal : Wednesday, 4td August 2021
Bismillah...
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha..
Apa kabarnya hari ini?
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa...
Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih...
Hari ini, seperti biasa sebelum belajar dimulai mohon segera siapkan semua keperluan yaa.
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊
Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah....
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.
Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa....
Baca dan pahami baik-baik.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mencari dan menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari sebuah cerita.
2. Siswa mampu menyebutkan gerak lokomotor
3. Siswa mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi pada telinga
4. Siswa mampu menyusun pecahan dari yang terbesar.
Sebelum kita mulai pembelajaran sebaiknya kita simak video pembelajaran di bawah ini !
https://youtu.be/uPU66XomDB8
Literasi
Sebelumnya kamu telah belajar tentang permainan Bakiak bukan?
Kamu tentunya senang dapat mencobanya.
Permainan tradisional yang lain cukup menarik adalah Englek.
Ayo kita coba bersama.
Kita simak teks di bawah ini yaa!
Berikut jumlah pemain, peralatan, dan cara bermainnya.
Permainan Engklek memerlukan keterampilan lokomotor yaitu Kemampuan untuk melakukan gerakan anggota tubuh sehingga seluruh tubuh berpindah tempat.
Keterampilan lokomotor sangat pemting untuk mengukur kemampuan motorik.
Beberapa keterampilan dasar lokomotor yang perlu kamu kuasai adalah...
1. Berjalan
2. Berlari
3. Melompat
BAHASA INDONESIA
Bacalah teks di bawah ini!
1.Buatlah gagasan pokok dan gagasan pendukung dari Fahombo Batu untuk paragraf 1!
2. Sebutkan 3 keterampilan dasar lokomotor...
Beberapa perminanan tradisional membutuhkan teriakan pemainnya. Semakin banyak yang berteriak semakin banyak pula suara yang kita dengar.
Sekarang kita simak cerita Udin dan Edo yang sedang berlatih gendang.
Dan proses terdengarnya suatu bunyi !
IPA
Di bawah ini macam macam bunyi pantul.
Exercise
1. Sebutkan 2 contoh permainan tradisional yang membutuhkan teriakan pemainnya...
2. Sebutkan macam macam bunyi pantul....
MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
MATERI : PECAHAN
PERTEMUAN : 3
Bahan Ajar Matematika Materi Pecahan
Cara Mengurutkan Pecahan
Menyamakan penyebut -> Mengurutkan pembilang.
Urutan pembilang = Urutan pecahan.
Contoh:
Cara 1:
Cara 2:
Menyamakan penyebut dengan menggunakan kelipatan persekutuan terkecil dari penyebut
Dari kelipatan tersebut bilangan yang sama dan terkecil adalah 12
Selanjutnya langkah yang dapat dilakukan seperti gambar
Cara Menyederhanakan Pecahan
Metode 1: Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat positif yang sama secara berulang-ulang sampai tidak dapat dibagi lagi.
Contoh:
Metode 2: Bentuk sederhana dari bilangan pecahan apabila FPB dari pembilang dan penyebutnya adalah
1. Jika FPB belum sama dengan 1, cara menyederhanakannya adalah dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan FPB tersebut.
Contoh:
Cara Membandingkan Pecahan
Metode 1: Untuk penyebut yang sama, hanya membandingkan pembilangnya.
Metode 2: Untuk penyebut yang berbeda, menyamakan penyebut terlebih dahulu lalu membandingkan pembilangnya.
Cara menyamakan penyebut:
Cara I: Mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat yang sama hingga penyebutnya sama.
Cara II: Penyebutnya sama-sama dibuat menjadi KPK dari penyebutnya.
Contoh:
Metode BONUS: Kali silang antara pembilang dan penyebut.
Contoh:
Exercise
Urutkan bilangan pecahan berikut dari yang terbesar untuk nomor 1 sampai 4!
1. ½ ; 3/4 ; 2/3
2. ¾ ; 5/6 ; 1/3
3. 3/5 ; 2/3 ; 1/10
4. 4/6 ; 2/3 ; 2/15
5. ⅗.....4/7 ( bandingkan )
Kerjakan tugasmu di buku tugas daring, foto dan kolasekan kegiatan ibadah dan tugasmu lalu kirimkan pada ibu guru ya!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lin dalam bentuk kolase !
Selamat belajar sholeh sholeha ibu guru semuanyaa.... 💖💖💖
Tidak ada komentar:
Posting Komentar