Jumat, 31 Januari 2020

Jumat 31 januari 2020

Jumat, 31 Januari 2020


MATERI AJAR

Hari / Tanggal : Jumat, 31 Januari 2020
Kelas  : 1 (Satu)
Tema  : Pengalamanku
Subtema  :  Pengalaman yang berkesan

Lembar Evaluasi Siswa


Kamis, 30 Januari 2020

Kamis 30 januari 2020

Kamis, 30 Januari 2020



MATERI AJAR


Hari / Tanggal : Kamis, 30 Januari 2020
Kelas  : 1 (Satu)
Tema  : Pengalamanku
Subtema  :  Pengalaman yang berkesan


Edo telah selesai memilih barang. Ia menuju kasir untuk membayar barang belanjaannya. Edo antre di belakang seorang bapak. Antre membuat suasana menjadi tertib. Dengan antre, berarti kita menghormati hak orang lain. Menghormati hak orang lain merupakan pengamalan sila kelima Pancasila.
Masih ingatkah kamu bunyi sila kelima Pancasila?

Tulislah sila kelima di bawah ini

Amati gambar di bawah ini. Di pasar, mereka bertemu banyak orang. Ada anak-anak, ada juga orang dewasa. Kita harus hormat, apalagi kepada orang dewasa. Juga kepada orang tua. Gambar di bawah ini adalah contoh sikap menghormati orang lain.

 Buatlah kalimat dari gambar di bawah ini.

Pengalaman Bermain

Buatlah cerita berdasarkan gambar di atas atau permainan lain yang kamu sukai.

Pernahkah kamu berjalan di sebatang kayu? Berjalan di sebatang kayu lebih sulit daripada berjalan di jalan beraspal. Ayo, kita mencoba berjalan di titian. Sebelum berjalan di titian, kita lakukan pemanasan. Lakukan dengan bergiliran. Sulitkah berjalan di atas titian?

Rabu, 29 Januari 2020

Rabu, 29 Januari 2020

Rabu, 29 Januari 2020

MATERI AJAR


Hari / Tanggal : Rabu, 29 Januari 2020
Kelas  : 1 (Satu)
Tema  : Pengalamanku
Subtema  :  Pengalaman yang berkesan


Pagi hari, Dayu berangkat ke sekolah. Dayu memakai sepatu sendiri. Dayu sudah bisa memasang tali sepatu. Dayu membutuhkan waktu yang lama untuk memasang tali sepatu. Ibu menunggu Dayu dengan sabar. Setelah selesai memasang tali sepatu, Dayu pergi sekolah diantar Ayah.



Dayu sudah bisa memasang tali sepatu. Sekarang, tali sepatu akan Dayu gunakan untuk membuat kalung. Kalung selamat datang untuk menyambut wisatawan.


Bacalah cerita di bawah ini dengan nyaring.

Pengalaman Pergi ke Pasar Siswa kelas satu berkunjung ke pasar. Di pasar, banyak barang dijual. Pembeli di pasar juga banyak. Mereka membeli barang-barang yang dibutuhkan.
Edo membeli sayuran. Dayu membeli jeruk kesukaannya.
 Ibu guru mengawasi siswa-siswa yang berbelanja.

Ceritakanlah pengalamanmu pergi ke pasar.
Ceritakanlah di depan teman-temanmu.

Selasa, 28 Januari 2020

Selasa, 28 januari 2020

Selasa, 28 Januari 2020

MATERI AJAR


Hari / Tanggal : Selasa, 28 Januari 2020
Kelas  : 1 (Satu)
Tema  : Pengalamanku
Subtema  :  Pengalaman yang berkesan

Ayo Belajar
Kita berpakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian juga bermanfaat untuk keindahan. Kita perlu berpakaian rapi dan sopan. Berpakaian sopan untuk menghormati orang lain. Ada pakaian-pakaian untuk acara khusus. Misalnya pakaian untuk acara perkawinan, hari raya, dan seragam sekolah. Pakailah pakaian sesuai keadaan.



Ayo Berlatih

Saat bermain, Beni tak sengaja menarik baju Udin. Kancing baju Udin lepas satu. Kancing itu terjatuh dan hilang. Ibu menggantinya dengan kancing baru. Ibu punya banyak kancing. Udin memainkan kancing-kancing itu sambil berlatih pengurangan
Pengalaman Mandi Sendiri Amatilah gambar di bawah ini.

Bacalah kata-kata yang ada pada gambar dengan suara nyaring.
Buatlah kalimat dari kata-kata yang ada pada gambar.

Senin, 27 Januari 2020

Senin/27 januari 2020

Senin, 27 Januari 2020

MATERI AJAR


Hari / Tanggal : Senin, 27 Januari 2020
Kelas  : 1 (Satu)
Tema  : Pengalamanku
Subtema  :  Pengalaman yang berkesan

Nyanyikanlah bersama-sama sesuai petunjuk guru.

NAIK SEPEDA
Pak Kasur

Kring kring kring ada
 sepeda Sepedaku roda dua
 Kudapat dari ayah Karna rajin bekerja
Tuk tuk tuk suara sepatu
Sepatuku kulit lembu
Kudapat dari ibu
Karna rajin membantu

Bacalah dengan nyaring.
Ini sepeda Lani. Warnanya merah, kesukaan Lani. Lani sudah bisa naik sepeda sendiri. Ayah yang mengajari Lani naik sepeda. Kata Ayah, naik sepeda itu mudah. Asal kita mau mencobanya dan berlatih. Sekarang, Lani bisa naik sepeda sendiri. Naik sepeda sungguh mengasyikkan. Kalau kamu, pengalaman apa yang mengesankanmu?

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai bacaan.
1. Apa warna kesukaan Lani?
2. Siapa yang mengajari Lani naik sepeda?
3. Bagaimana perasaan Lani saat pertama belajar naik sepeda?
4. Bagaimana perasaan Lani setelah bisa naik sepeda?
5. Apa yang harus dilakukan saat bersepeda?
6. Apa yang tidak boleh dilakukan saat bersepeda?

Tata tertib berkendaraan bukan hanya untuk kendaraan bermotor.
Pengendara sepeda juga harus mematuhi tata tertib  berkendara. Tata tertib dibuat untuk keselamatan pengendara sepeda.
Berilah tanda (√)untuk gambar yang sesuai tata tertib di jalan raya.


Pengalaman Memakai Baju Sendiri
 Amatilah gambar di bawah ini.

Ayo Belajar
Beni sudah kelas satu. Beni sudah bisa memakai baju sendiri. Beni sudah bisa mengancingkan baju. Pertama kali mengancingkan baju, Beni merasa kesulitan. Setelah terbiasa, terasa mudah. Beni merasa senang karena ia sudah mandiri.  Ajukan pertanyaan tentang pengalaman pakai baju sendiri ke guru atau teman.

Jumat, 24 Januari 2020

Jumat/24 januari 2020

MATERI AJAR KELAS 1 TEMA 5 SUBTEMA 3 (24 JANUARI 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Jumat, 24 Januari 2020
Kelas : I
Tema : Pengalamanku (5)
Subtema : Pengalaman di Sekolah (3)

Keberagaman Individu


Mintalah keluargamu memilih hewan yang paling disukai beserta alasannya.


Mengurutkan Bilangan

Kalimat Ajakan


Membandingkan Bilangan

Kamis, 23 Januari 2020

Kamis/23 januari 2020

MATERI AJAR KELAS 1 TEMA 5 SUBTEMA 3 (23 JANUARI 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Kamis, 23 Januari 2020
Kelas : I
Tema : Pengalamanku (5)
Subtema : Pengalaman di Sekolah (3)

Membandingkan Bilangan

Lani membilang banyak biji congklak yang ia kumpulkan. Dayu melakukan hal yang sama.
Lani memperoleh 25 biji congklak. Dayu memperoleh 29 biji congklak. Setelah itu, Siti membandingkan kumpulan biji tersebut.


Mengurutkan Bilangan

Siti menghitung banyak biji congklak dalam setiap lubang.
Banyaknya berbeda-beda. Ada 28, 21, 27, 29, dan 22. Lalu siti mengurutkannya


Keberagaman Individu

Edo menceritakan pengalamannya kepada teman-temannya. Edo diundang makan bersama di rumah paman. Di sana tersedia berbagai makanan. Edo memilih nasi goreng dan sate ayam. Ibu Edo makan ikan bakar dan rujak. Ayah Edo lebih suka makan papeda. Makanan yang dipilih paman lain lagi. Edo dan keluarga mengambil makanan secukupnya. Edo menceritakan pengalamannya kepada teman-temannya. Edo diundang makan bersama di rumah paman.
Di sana tersedia berbagai makanan. Edo memilih nasi goreng dan sate ayam. Ibu Edo makan ikan bakar dan rujak. Ayah Edo lebih suka makan papeda. Makanan yang dipilih paman lain lagi.
Edo dan keluarga mengambil makanan secukupnya.

Ayo amati menu di bawah ini!

Rabu, 22 Januari 2020

Rabu 22 januari 2020

MATERI AJAR KELAS 1 TEMA 5 SUBTEMA 3 (22 JANUARI 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Rabu, 22 Januari 2020
Kelas : I
Tema : Pengalamanku (5)
Subtema : Pengalaman di Sekolah (3)

Kalimat Ajakan
Ayo Membaca!

Siswa kelas 1 pergi karyawisata ke kebun binatang. Ada berbagai binatang di sana. Dayu mengajak Siti melihat gajah. ”Ayo, kita lihat gajah, Siti” ajak Dayu. Edo mengajak Beni ke kandang jerapah. ”Yuk, kita ke kandang jerapah” kata Edo. Mereka belajar bersama tentang binatang. Mereka mendapat pengalaman yang menyenangkan.
Tunjukkan kalimat ajakan pada cerita di atas. Diskusikan dengan teman kata ajakan yang
lainnya.


Tuliskan tanggapan Beni terhadap ajakan Udin
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
_______________________________________________________________
Karya Seni Tiga Dimensi (Bubur Koran)


Saat karyawisata, bu guru mengabadikan dalam sebuah foto. Foto dapat menjadi kenangan suatu peristiwa. Foto dengan kenangan indah dapat kita bingkai. Mari membuat bingkai foto.
Bingkai dibuat dari bubur kertas.

Alat dan bahan:
4 lembar koran
Lem kertas (dlukol)
Air
Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Sobek 4 lembar koran menjadi potongan kecil.
2. Tuang 5 sendok makan lem ke dalam wadah.
3. Tambahkan air secukupnya ke dalam lem.
4. Aduk lem dan air sampai larut, lalu tambahkan sobekan koran.
5. Saring bubur kertas menggunakan kain.
6. Bentuk menjadi bingkai foto.
7. Buatlah bingkai dengan berbagai bentuk lainnya.

Selasa, 21 Januari 2020

Selasa/21 januari 2020

MATERI AJAR KELAS 1 TEMA 5 SUBTEMA 3 (21 JANUARI 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Januari 2020
Kelas : I
Tema : Pengalamanku (5)
Subtema : Pengalaman di Sekolah (3)

Keberagaman Individu (Ciri-ciri dalam Keluarga)


Di sekolah, Siti dan Lani suka bertukar cerita. Mereka bercerita apa saja. Tentang makanan kesukaan hingga keluarga di rumah. Kali ini Siti bercerita tentang kegemaran keluarganya. Keluarga Siti gemar berolahraga. Olahraga yang disukai berbeda-beda. Ayah Siti suka bermain bola. Ibu Siti gemar main bulu tangkis. Siti lebih menyukai lompat tali. Walau berbeda kegemaran, keluarga Siti tetap dapat berkumpul bersama.

Bagaimana dengan kegemaran anggota keluargamu? Bagaimana dengan kegemaran teman-temanmu di sekolah? Ayo tuliskan ciri-ciri teman sekelasmu!


Elemen Musik

Bacalah Teks Berikut.
Di sekolah, Edo mengajak teman-teman bermain musik. Edo meminjam gelas kepada Ibu guru.
Edo mengatur gelas berjejer. Edo mengisi air dengan banyak yang berbeda tiap gelasnya. Siti diminta mencoba memukul gelas menggunakan sendok. Siti memukul gelas yang diisi air penuh. Suaranya merdu sekali. Bagaimanakah cara mengajak teman bermain musik?

Membandingkan Dua Kumpulan Benda

Kegiatan di sekolah selalu mengasyikkan. Ibu guru mengajak bermain dengan kumpulan
balok.
Untuk membandingkan banyak benda dapat menggunakan kata “Lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak”. Ayo amati gambar di bawah ini!

3 puluhan lebih dari 2 puluhan. Jadi, 37 balok lebih banyak dari 23 balok. Dan, 37 lebih dari 23.

Senin, 20 Januari 2020

Tema 5 Subtema 3 (Senin, 20 Januari 2020)

MATERI AJAR

Hari/ Tanggal : Senin, 20 Januari 2020
Kelas : I
Tema : Pengalamanku (5)
Subtema : Pengalaman di Sekolah (3)

Keberagaman Individu (Ciri-ciri dalam Keluarga)

Saat pergi ke sekolah, Udin diantar ayah dan ibu. Udin juga pergi bersama kakak. Namanya
Mutiara. Mutiara bersekolah di tempat yang sama. Wajah Udin mirip dengan ibu. Wajah Mutiara mirip dengan ayah. Udin dan Mutiara mempunyai ciri yang berbeda. Demikian pula dengan ayah dan ibu. Setiap orang tidak sama. Setiap orang memiliki ciri-cici yang berbeda. Bagaimana dengan keluargamu? Adakah perbedaan ciri-ciri dalam keluargamu?


Ayo jelaskan ciri-ciri keluargamu!


Karya Tiga Dimensi (Membuat Lempung Terigu/Dough)

Di sekolah, Udin dan teman-teman membuat lempung terigu. Ibu guru membantu mereka. Lempung terigu untuk membuat berbagai bentuk. Siti membawa tepung terigu dan pewarna makanan. Beni membawa garam dan minyak goreng. Udin menyiapkan air hangat untuk melarutkan garam.
Alat dan bahan:
200 gram gelas tepung terigu
100 gram gelas garam halus
1 gelas air
1 sendok makan minyak goreng
Pewarna makanan

Cara membuatnya:
Larutkan 100 gram garam dengan sedikit air hangat.
Tambahkan pewarna makanan.
Tambahkan 1 sendok makan minyak goreng.
Aduk rata bahan-bahan tersebut.
Terakhir, tambahkan 200 gram tepung terigu sampai adonan siap dibentuk.

Kalimat Ajakan

Kalimat ajakan dimulai dengan kata ayo atau mari. Kalimat ajakan diakhiri dengan tanda seru (!). Kalimat lain yang diakhiri tanda seru (!) adalah kalimat perintah.

Ayo bacalah teks berikut!


Inilah sekolah Udin dan teman-teman. Saat jam istirahat Udin dan teman-teman bermain
bersama. Udin mengajak Beni dan Edo bermain petak umpet. “Mari kita bermain petak umpet”, ajak Udin kepada Edo dan Beni. “Ayo kita pergi ke kantin”, kata Dayu kepada Lani dan Siti.
Dapatkah kamu menemukan kata ajakan pada cerita di atas?

Rabu, 15 Januari 2020

Tema 5 Subtema 2 (Jumat, 17 Januari 2020)

MATERI AJAR 

Hari/Tanggal        : Jumat/17 Januari 2020
Kelas                    : 1 (Satu)
Tema                    : Pengalamanku
Sub Tema               : Pengalaman Bersama Teman

Latihan Soal 






Tema 5 Subtema 2 (Kamis, 16 Januari 2020)

MATERI AJAR 

Hari/Tanggal        : KAMIS/16 Januari 2020
Kelas                    : 1 (Satu)
Tema                    : Pengalamanku
Sub Tema               : Pengalaman Bersama Teman

AYO BERLATIH


Udin dan Edo bermain tebak bilangan. Kamu dapat ikut bermain.
Tarik garis untuk menghubungkan bilangan dan namanya.



AYO BERNYANYI

Berkumpul bersama teman selalu menjadi pengalaman menyenangkan.
Siti dan teman-teman senang bernyanyi saat bersama teman.
Kamu pasti tahu lagu “Di Sini Senang”. Lagu ini mudah dinyanyikan.
Ayo nyanyikan lagu “Di Sini Senang” bersama teman.

Di Sini Senang
Ciptaan: NN

Di sini senang
Di sana senang
Di mana-mana hatiku senang
Di rumah senang
Di sekolah senang

Di mana-mana hatiku senang

Beri tanda () untuk kalimat yang sesuai dengan 
lagu “Di Sini Senang”.
Beri tanda (x) untuk kalimat yang tidak sesuai.
1. Lagu “Di Sini Senang” adalah lagu gembira.
2. Di rumah aku merasa senang.
3. Di sekolah tidak menyenangkan.

4. Di mana-mana aku merasa senang.

Selain bernyanyi, Siti dan teman-teman senang bermain susun kubus bersama.
Kali ini mereka bermain susun kubus di rumah Lani. Mereka membagi kubus sama banyak.




Bersikap Adil terhadap Teman

Siti dan Lani bermain balok susun. Siti dan Lani membagi balok susun untuk dimainkan berdua.
Saat Siti dan Lani bermain, Beni datang. Beni ingin ikut bermain.
Siti dan Lani membagi balok susun untuk bermain bertiga. Siti dan Lani telah bersikap adil terhadap Beni. Meskipun Beni datang belakangan, Beni tetap Bagaimana menurutmu sikap Siti dan Lani?
Apakah manfaatnya bersikap adil terhadap teman? mendapat jumlah balok susun yang sama.

Menurutmu, apa yang akan terjadi bila Siti dan Lani tidak membagi balok susun untuk Beni dengan adil?